Galau-in Make Up sama Wudhu

September 10, 2017

Tetiba kepikiran mengenai menjaga wudhu saat jadi pengantin
Sebagian besar cewek (muslimah) pasti galau antara ingin mempertahankan make up tapi jg berkewajiban shalat. Iya aja kalau nikahnya cuma dari jam 9 pagi sampai jam 2 siang masih bisa tuh dzuhur dulu sebelum ashar (tapi ini termasuk lalai lho)
“Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat, yaitu yang lalai dari mengerjakan shalatnya.”(QS. Al-Ma’un : 4-5).
Nah ini kalau nikahannya dari jam 9 pagi sampai jam 8 malem (galau dah mau dijamak juga gak termasuk yang diperbolehkan shalat jamak) dan pastinya MUA nya gak bakal ngehapus tuh make up sampai selesai acara.
*Nyari solusi
- Mungkin pake make up waterproof bisa kali yah? Kan kalau kena air wudhu gak belopotan. Tapi,,, setelah mengingat bahwa anggota wudhu wajib terkena air. Waterproof itu anti air kan? So ini bukan solusi yang tepat.
- Wudhu sebelum di make up (good) masih bisa shalat (tapi gak yakin bisa nahan kentut, BAK, BAB sampe jam 8 malem) eits ada yang lupa, walaupun sudah suami istri tapi bersentuhan dengan suami membatalkan wudhu lho (pake sarung tangan kali ya)
 "Sentuhan tangan seorang laki-laki terhadap istrinya atau menyentuhnya dengan tangan wajiblah atasnya berwudhu." (HR Malik dan as-Syafii). tapi ada pula pendapat lain yang menyatakan bahwa jika suami istri bersentuhan maka tidak batal wudhunya. (tak usah didebat)
- Tak usah wudhu (ini orang keblinger kayaknya, Biar sah shalatnya ya wudhu dulu).
“Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian hendak berdiri mengerjakan shalat, basuhlah wajah-wajah kalian, kemudian tangan-tangan kalian sampai siku, kemudian usaplah kepala-kepala kalian, kemudian basuhlah kaki-kaki kalian sampai kedua mata kaki.”(al-Maidah:6)
- Tayamun (hmm, emang pengantin masuk ke syarat tayamun? enggak kan)
- Wudhu seperti biasanya (good) paling nanti MUA nya yang ngomel karena harus berulang kali make up-in pengantin.
*Pastinya ya bagi seorang muslim jangan pernah meninggalkan shalat tak terkecuali saat jadi pengantin atau solusinya make up a laa kadarnya saja (lipstik + bedak baby) kalo mau simple 😁
- kalau ini itu ribet gak da solusi yang tepat, berdoa aja semoga pas hari sakral lagi haid hari terakhir 😁 (tapi gak boleh jg menunda mandi wajib 'haid' ya girls) exp: Haid selesai di H-3 lalu kepikiran buat menunda mandi wajib nanti setelah nikah. Itu gak boleh yah.
Sejauh ini belum nemu solusi yang tepat nih cara mengatasi hal ini (make up ok, tapi tetap bisa shalat). Tapi saya yakin kalau si pengantin imannya kuat dia gak akan ngegalau-in masalah sepele kaya gini. Dia pasti tau bahwa setiap kesulitan ada kemudahan (ada masalah ada solusi).
***


Sempat ragu posting ini, khawatir ada tulisan yang hilaf, cuma kalau gak dipublis sampai kapan pun gak dapat solusi. Berharap teman teman punya jawaban yang tepat 😊

You Might Also Like

0 komentar

Blog Archive