Mau ke Lampung Pakai Transportasi Umum? Ini Rutenya

April 06, 2019


Tempat parkir mobil di dalam kapal Ferri/sifathlist
Walaupun judulnya cara untuk menuju Lampung, tapi di sini saya hanya berbagi cerita perjalanan dn pengetahuan saja soal rute perjalanan ke sana. Jadi mohon maaf karena tidak semua wilayah saya jelaskan.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman perjalanan darat dan laut menuju Lampung, menggunakan kendaraan atau transportasi umum. Mungkin bagi yang sudah biasa bolak-balik ke sana akan lebih paham dan banyak referensi untuk memilih transportasi apa saja yang baiknya dipilih untuk mengantarkan hingga ke tempat tujuan. Tapi tak apalah, sedikit berbagi saja siapa tahu bermanfaat.

Saya berangkat dari Jalan Pantura, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Untuk menuju ke Lampung saya berkali-kali naik turun angkutan umum. Yak pasti melelahkan, tapi saya jamin ini adalah pengalaman yang bagus untuk menghapal jalan.
Bus sahabat/sifathlist
Jadi rutenya begini :
Dari Pantura naik mobil bus (luragung) sampai Gerbang Tol Cikopo atau kalau tidak ada bisa naik elp sampai Simpang Jomin lalu lanjut naik angkot warna biru hingga Cikopo.

Dari Cikopo kemudian naik bus jurusan Merak. Saat itu, saya memilih bus Sahabat (Robet) dengan tarif Rp 80.000 tapi ada juga bus lainnya. Oh ya, kalau mau pagi-pagi berangkatnya biar banyak pilihan bus dan tidak terlalu lama untuk menunggu bus datang di Cikopo.

Bus sampai di Terminal merak, yang mana berdekatan dengan Pelabuhan Merak.
Loket tiket pelabuhan Merak lt 2/sifathlist
Setelah turun dari Bus, kemudian lanjut jalan kaki masuk ke dalam pelabuhan atau tempat tiket kapal ferri atau kapal cepat. Kalau kamu bingung bisa Tanya ke petugas di pintu masuk gedung pelabuhan. Saya masuk ke lantai dasar kemudian diarahkan untuk membeli tiket di lantai 2.

Setelah membeli tiket kapal ferri masuklah ke kapal dengan durasi perjalan dua jam saja hingga sampai ke Pelabuhan Bakahuni, Lampung. Oh ya nikmati saja perjalanan selama menyebrang dengan ngobrol, foto-foto mengabadikan keindahan laut, berkeliling kapal tapi tetap berhati-hati yah jangan sampai membahayakan diri sendiri.
Tempat duduk penumpang kapal Ferri gratis/sifathlist
Kalau mabok laut lebih baik istirahat di ruang lesehan yang nyaman dengan menyewa Rp 10.000 per orang atau yak duduk duduk aja di kursi biru gratis dan biasanya suka ada dangdutan.

Nah begitu sampai di demaga, kamu bisa naik bus langsung dari dalam kapal. Biasanya banyak bus yang menawarkan untuk mengantarkan hingga ke terminal atau pool yang dekat dengan lokasi yang kamu tuju dengan membayar Rp 35.000 per orang. Tapi ini sesuai dengan kesepakatan antara penumpang dengan sopir bus. Dan sampai deh di Lampung.
Suasana atap atau lantai paling atas kapal Ferri/sifathlist
Sedikit cerita, dan pasti banyak juga yang bertanya-tanya, kok gak nyebutin berapa rupiah naik naik kapal feri? Nah jadi gini, waktu itu, saya ke loket penjual tiket (lihat jarak lumayan jauh). Niat awal hendak membeli nanti satu jam yang akan datang karena saya memilih untuk mencari makan terlebih dahulu. Namun tetiba sodara saya yang di Lampung mengarahkan saya untuk ikut naik bus Lorena saja ke pool biar dari Merak sampai Lampung gak rebut cari bus lagi. Jadi kalau yang naik bus ya disesuaikan dengan tarif bus.

Tapi kabarnya untuk tiket feri oran dewasa dikenakan kira-kira Rp 18.000 an, jadi sistemnya ada tiket per orang, mobil pribadi, bus, dan juga truck. Itu semua tiketnya beda-beda. Tapi gak usah bingung, bisa ditanya ke petugas pelabuhan atau mendekat ke loket tiket untuk menanyakan harganya.

Terima kasih selamat mencoba perjalanan jauh dengan menggunakan transportasi umum.

You Might Also Like

0 komentar

Blog Archive

Adv

loading...