Enggak Paham Sepak Bola dan Dipaksa Suka Persib Bandung

May 18, 2019



Persib Bandung Liga 1 2018 di Stadion GBLA, Bandung/sifathlist

Sepak bola sebagai olahraga yang disukai kebanyakkan masyarakat di dunia ini. Banyak sekali alasan, pecintanya bisa tergila-gila dengan sepak bola. Bisa saja karena hobi, suka dengan timnya, teknik bermain, bahkan ada juga gara-gara satu pemain yang dianggap sebagai idola. Tak hanya di negara Eropa nan jauh di sana, Indonesia pun memiliki banyak tim sepak bola yang wajib kita banggakan lho. Kenapa harus dibanggakan?, karena mereka berjuang mengharumkan nama negara kita di mata dunia. Kalau enggak suka gimana? Harus gitu dipaksa? Iya udah nggak apa-apa sih, yang penting kamu harus mendukung setiap anak bangsa yang berjuang untuk Indonesia.

Persib Bandung. Hayo siapa yang tahu apa/siapa Persib itu? Yap jawabannya betul, Persib salah satu nama klub sepak bola tanah air di kasta teratas, yang menjadi kebanggaan warga Jawa Barat dan masyarakat luas. Kalian yang menjadi suporternnya pasti lebih hapal gimana bagus dan uniknya klub yang berjuluk Maung Bandung ini. Bagi yang kurang pengetahuan soal Persib, bisa deh tanya ke mbah Google pasti buanyak sekali informasi di sana.

Saya bukan pecinta sepak bola, kalau suka iya dikit-dikit tapi buta aturan (nggak tahu handball, tendangan bebas, assist, tentangan sudut, offside, dkk). Nah cuma karena saya kerja di media dengan desk multifungsi termasuk bola, jadi mau nggak mau ya harus dipelajari. Jujur saja, saya nggak nyaman. Lagian ngapain sih liat orang berebut bola, duh nggak banget.

Demi kerjaan ya saya coba memaksakan diri untuk cinta desk ini, cinta bola, dan Persib. Kalau nggak bisa fatal, rungsing iya, bete, ehh kerjaan juga nihil. Baiklah dengan berberat hati saya baca referensi soal bola dan Persib Bandung dan akhirnya saya hapal seluruh nama pemain beserta nomor punggungnya (proud).

Bobotoh di Stadion GBLA, Bandung/sifathlist

Satu ketika, bukan hanya latihan saja ternyata saya ditugaskan untuk datang nyetadion (datang ke stadion) untuk mencari informasi, warna-warna suasana, gimic sopporter dan lainnya. Bingung dong, duh ini gimana? Seumur-umur belum pernah masuk stadion apalagi nonton bola. Dengan mengandalkan teman yang sudah hatam soal Persib akhirnya bisa deh nyetadion.

Liga 1 2018, menjadi sejarah baru bagi saya bisa mengenal Persib Bandung. Lupa sih perdana nyetadion Persib lawan siapa, ahhh nggak penting yang penting saat itu menang hahaha. Nah suatu ketika saya di lapangan duduk di ruang khusus untuk para media, wah luar biasa ini satu stadion full dan berubah menjadi lautan biru. Mewah, meriah sekali bagi saya. Ya tahu sendiri saya baru pertama nyetadion dan kalau pun pernah lihat cuma di televisi.

Bobotoh. Iya sebutan fans Persib Bandung. Familiar pastinya kan, karena Bobotoh masuk kategori salah satu supporter terbesar klub sepak bola tanah air. Jumlahnya saya kurang paham karena bukan cuma masyarakat Jawa Barat melainkan di Asia bahkan global. Begitu terpukau melihat banyaknya fans di sana. Nah kesemsem deh tuh hati dikit nyantol semakin suka ditambah ketika pemain merumput wah riuh dan stadion bergema, meledakan yel-yel semangat sangat amazing, koreografi 3 dimensi yang kreatif sekali. Padahal pertama kali lihat langsung lho tapi udah ngena. Thanks for Persib wabil khusus Bobotoh yang udah bikin saya rada melek sama sepak bola.

koreografi 3D di Stadion SJH, Kabupaten Bandung/sifathlist

Setelah itu, saya semakin rutin nyetadion dan ikut liat pas latihan. Sebenarnya kalau cuma latihan malas, bukan karena tidak suka tapi karena latihannya pagi dan jadwal saya sering bentrok yang berakhir beramoeba (membelahdiri). Tapi bersyukur bisa kenal selewat sama pecinta Persib. juga saya sempat kesemsem sama satu pemain ya umurnya satu tahun di atas saya lah, eh tapi musim ini di bawah kepimpinana Robert Rene Albert, dia harus rela hengkang dari skuad Persib. semoga mas Sabil bisa sukses di klub lainnya ya. Tetep jaga hatinya biar tetep biru. Hatur nuhun Sabil.

Tapi ada sedihnya (curhat). Karena sudah suka, dan ya lumayan sudah kenal dan hafal soal bola dan Persib. Rasanya sakit ketika tidak bisa nyetadion secara gratis hahaha. Nggak deh, sedih karena tidak bisa merasakan atmosfer Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Si Jalak Harupat (SJH) Bandung. Kadang gereget, teriak-teriak, sok sok an kaya pelatih ngatur ngatur pemain dari kejauhan, gebrakan meja atau ucapan aduhh ketika Persib kebobolan dan teriakan dengan oktaf tertinggi pas pemain berhasil mencetak gol. Bahkan saya sedikit hapal lirik dan nada yel-yel yang dinyanyikan Bobotoh yang dipimpin Yana Umar sebagai Dirigen Persib Bandung. Lebay yah? Biarinlah yang penting happy.
Stadion SJH, Kabupaten Bandung/sifathlist

Malam ini (Sabtu, 18 Mei 2019) Persib Bandung melakukan pertandingan perdana Liga 1 Shopee 2019 melawan Persipura Jayapura di Stadion SJH, Kabupaten Bandung. Tepatnya kick off 20.30 WIB, jadi bisa salat tarawih dulu ya Bobotoh. Hmm, bisa dibayangin laga perdana Persib, di kandang, pelatih dan beberapa pemain baru, dan satnigt. Duh gereget aku nulis ini. okelah tak apa, walaupun tidak bisa nyetadion secara gratisan lagi mungkin next macth, home or away bisa kali beli tiket sendiri. Atau kalau ada yan mau bayarin boleh ditunggu traktiran tiket dan tebengannya hahahaha. Bukan candaan lho ini serius.
Semoga malam ini, Persib Bandung bisa realisasikan target tiga point nya. Semangat !
Untuk Bobotoh, jangan godin ya. Inget masih bisa salat tarawih. Tetap jaga kondusifitas jangan melakukan kegaduhan yang bisa merugikan tim juga Bobotoh sendiri. Oke. Mantul.

You Might Also Like

0 komentar

Blog Archive