Kenapa Tiap Akhir Bulan Jadi Kegalauan Nak Kos?

September 24, 2019

Ilustrasi akhir bulan/sifathlist

Hello perantau dan nak kos, pernah enggak kalian rungsing karena akhir bulan? Pastinya sering bukan. Tapi entah apa yang didasari akhir bulan adalah suatu momok yang menyedihkan dan menakutkan bagi semua orang terlebih nak kos. Ya semua jawaban benar, karena uang dalam jumlah banyak sering kali cair pada awal bulan.

Misal saja pegawai kebanyakan perusahaan memberi gaji pada awal bulan dari tanggal 1-10 an. Kemudian nak kos biasanya mahasiswa nih, yang menerima uang setelah orang tua mendapat gaji bulanan. Atau kamu seorang mahasiswa, ngekos tapi kerja paruh waktu juga sama uang cair di awal bulan.

Saya juga sama selama enam tahun jadi nak rantau dan memilih indekos di kota. Masa akhir bulan pernah dirasakan. Galau mau makan enggak ada duit, mau jalan ongkos enggak punya, mau hedon boro-boro buat bayar indekos aja kadang nunggak atau undur-undur.

Hal ini karena kita tidak bisa memanage keuangan. Padahal kita sudah tahu besaran uang yang didapat tiap bulannya. harusnya ya cukup-cukup saja hingga uang cair kembali di bulan berikutnya. Kan pengeluaran kebutuhan tiap hari atau bulannya tidak sama misal banyak pengeluaran tidak terduga dan lainnya.

Oke itu memang alasan yang memang benar adanya. Tapi kita juga tidak mau kan, terlantar lontang lantung sampai nahan lapar karena selalu tidak punya uang tiap akhir bulan. Enggak juga kok. Bisa pinjam ke teman atau ngutang di ibu warteg. Eitsss boleh sih gitu tapi kalau ada solusi yang lebih baik kenapa harus pilih yang buruk.

Apa atuh solusinya? Ya kita harus belajar mengatur keuangan.

Misal pendapatan tiap bulan Rp 2 juta, kamu harus sisihkan terlebih dahulu yang wajib kamu bayar. Diantaranya kamar kos, listrik, air, yang punya setoran (cicil), pulsa/kuota. lalu sisanya kamu bisa buat kebutuhan primer seperti makan dan minum. Jangan lupa sisakan sedikitnya untuk menabung dan bersedekah.

Lah udah kekurangan masa harus sedekah juga sih? Jangan takut bersedekah. Karena sedikit yang kamu beri akan sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan, dan kamu akan ditolong (dibalas kebaikanmu) langsung dari Dia sang maha pemberi rezeki. Dengan catatan kamu harus ikhlas saat memberi.

Oh ya, ada hal lain yang membuat semua orang galau ketika akhir bulan karena terlalu hedon atau berfoya-foya di awal bulan. Dapat uang, makan di cafe, restoran yang mahal tiap hari ehhh pas akhir bulan bingung dah mau makan apa? duit udah abis duluan.

Bukan melarang makan di tempat mahal tapi jangan terlalu sering dan harus disesuaikan dengan kenyataan keuangan kita. Sesekali saja boleh lah, karena paling penting adalah bukan makanan mewah tapi sehat dan memenuhi gizi tubuh kita.

Jangan sampai awal bukan makan di cafe ketika pertengahan hingga akhir makan mie instan atau paling parah ada tuh yang hanya mengonsumsi obat lambung. Waduhh kebangetan ini mah.

Pokoknya siapapun mau nak rantau, nak kos, pegawai, semuanya harus disesuaikan. Jangan karena gengsi akhirnya menyulitkan diri sendiri. Tetap jaga kesehatan dan kelola uang dengan sebaik mungkin.

You Might Also Like

0 komentar

Blog Archive

Adv

loading...