Buah Gratis Kaya Manfaat, Kersen Untuk Kesehatan

October 25, 2019

Buah kersen/sifathlist

Siapa yang tidak tahu kersen? Ceri? Seri? Apapun itu pastinya buah sejuta umat khususnya di Indonesia ini sangat familiar. Karena tumbuh bebas di mana-mana. Sering kan lihat pohon kersen di pinggir jalan atau di pekarangan rumah? pertumbuhan buah kersen memang tinggi dan mudah tumbuh bahkkan kalau di kampung, rumah atau tembok yang lembab saja tiba-tiba muncul pohon kersen.

Terlebih buah kersen boleh dipetik siapapun alias gratis tanpa dipungut biaya. Kebiasaan sejak kecil hingga sekarang, secara otomatis dua bola mata ini akan melihat ke atas ketika menemukan pohon kersen. Buahnya yang merah merona ini cukup menggoda untuk memetiknya.

Kali ini, saya tidak akan bercerita soal masa kecil bersama pohon kersen, melainkan sharing manfaat kersen bagi kesehatan. Saya mencari beberapa penjelasan untuk dijadikan referensi di internet,salah satunya doktersehat.com.

Kersen ini ternyata tanaman yang berasal dari Amerika tropis. Wih jauh bener ya, kersen terbang hingga ke Indonesia. Bukan cuma Indonesia tapi kalian bisa menemukan pohon ini di seluruh negara tropis.

Manfaat kersen/sifathlist

Tekturnya lunak, dalamnya berair dan banyak biji kecilnya. Warna kersen hijau dan akan menguning hingga merah merona ketika sudah matang. Rasanya sangat manis (giung ceuk orang sunda mah). Tinggi pohonnya bisa mencapai 5-10 meteran dan pohonnya bisa banget buat neduh dikala panas menyengat kulit mulusmu tapi jangan sambil nangis ya, kan serem. Kuy kita langsung kupas manfaat dibalik merah merona dan buah gratisan ini.

Mengatasi pilek dan flu
Buah kersen dapat membantu mengatasi pilek dan flu. Karena kersen memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat memulihkan kekebalan tubuh. JUga dapat menyingkirkan pathogen yang menyerang tibuh dengan lebih efesien.

Jadi kalau kamu lagi meler atau bersin-bersin ditambah enggak punya uang buat beli obat, nyari kersen aja di pinggir jalan hehehe.

Mengontrol gula darah
Nah lho, kan rasanya manis? Tapi kersen aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Bahakn dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah.

Mengatasi masalah pencernaan
Kersen juga mengatasi berbagai masalah pencernaan. Menurut Medical Daily, buah kersen dipercaya sebanding dengan efek obat Omeprazole (obat untuk mengatasi sakit perut, maag). Karena memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi. Lalu dapat menetralkan asam lambung dan memberi lapisan pelindung pada mukusa lambung.

Asam urat
Asam urat adalah kondisi peradangan yang diakibatkan terlalu banyaknya asam urat yang menumpuk dan mengkristal pada sendi. Sehingga bisa menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa dan pembengkakan. Manfaat kersen ini untuk mengatasi gejala tersebut.

Penyakit lainnya diantaranya mengatasi infeksi bakteri, sumber antioksidan, sumber nutrisi, hingga menjaga kesehatan jantung. Wow, kaya manfaat buah gratis ini.

Tapi perlu diingatkan kembali, segala sesuatunya tidak boleh berlebihan. jadi kalau mau konsumsi kersen jangan terlalu banyak ya, entar kenyang lagi hehehe.

Jadi kalau kamu tidak doyan buah gratis ini, menurutku ada kerugian ya. Pertama manfaatnya, kedua soal serunya ngambil kersen sepulang kerja, sekolah atau pasar. Kamu pernah kan?

Latihan pertama makan satu dua buah kersen, icip-icip sapa tahu ketagihan. Masih enggak doyan? Baca lagi manfaat di atas. Masih enggak doyan juga, ya udah jangan dipaksain ya, masih ada buah lain yang manfaatnya serupa. Oke.

Note : walaupun tumbuh bebas dan tulisan ini menyebutkan kata gratis, tapi kalau pohonnya ditanam atau tumbuh di pekarangan orang ada baiknya minta izin dulu ya. 

You Might Also Like

0 komentar

Blog Archive

Adv

loading...