Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan

February 14, 2020

Jalan kaki/sifathlist

Helo kawan, apa kabar? Maaf author jarang banget nulis karena suasana hati sedang tidak baik-baik saja. hehehe alasan. Semoga setelah tulisan ini ke depan bisa rutin posting. Aamiin.

Kali ini saya akan berbagi review tentang manfaat jalan kaki. Walaupun sudah banyak yang membahas topik ini ada baiknya jika tulisan ini bisa untuk saling mengingatkan bahkan dengan jalan kaki itu banyak manfaatnya.

Berdasarkan sumber yang saya himpun dari beberapa website kesehatan, konsultasi, hingga pengalaman pribadi bahwa memang benar jalan kaki kaya akan manfaat. Diantaranya ya meningkatkan energy, memperbaiki postur tubuh, hingga menurunkan risiko penyakit kronis lho, kuy bahas satu per satu biar kita enggak mengeluh jika dihadapi dengan kondisi harus jalan kaki berkilometer.

Menurunkan berat badan

Wah pasti ini adalah kabar yang membahagiakan bagi para pejuang diet nih. Jadi jika kamu sudah mengatur pola makan yang super ketat namun malas untuk berolahraga berat, jalan kaki bisa jadi solusinya.

Sesuai dengan yang dikuti di website kesehatan, jalan kaki dapat memperbaiki respon tubuh terhadap hormone insulin. Jadi hormon itu bertugas untuk mengatur metabolism karbohidrat, protein, dan lemak yang bisa mengurangi jumlah lemak pada perut.

Asik bukan? Jalan kaki bisa mengurangi jumlah lemak pada perut. Pantas saja dulu, zamannya kuliah dan kerja di lapangan perut enggak nyaris tak pernah terlihat buncit walaupun kalau ada makanan di meja semua di embat. Hahaha.

Menurunkan risiko penyakit kronis

Ada sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat jalan kaki setiap hari bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke sebesar 20-40 persen.  Selain itu, orang-orang yang rajin jalan kaki sekitar 30 menit sehari bermanfaat karena memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah. Kemudian menurunkan diabetes tipe 2 hingga 30 persen.

Mencegah osteoporosis

Walaupun sudah banyak obat, susu, suplemen yang untuk pencegahan terjadinya osteoporosis ternyata jalan kaki pun begitu. Pantas saja iklan susu di televisi dikonsep dengan adegan jalan kaki ya, hehehe. Jadi ini sangat membantu, kalau memang bisa membeli suplemen, susu, obat pencegah kita bisa mencegah dengan berjalan kaki. Jaga selalu tulang-tulang kita sejak dini yuk, tidak harus menunggu saat memasuki usia lanjut.

Meningkatkan kinerja otak

Keren bat, kan? Bisa meningkatkan kinerja otak. Setelah mengetahui kalau jalan kaki bisa meningkatkan kerja otak, pasti jadi ketagihan jalan kaki tiap hari. Jadi kabarnya yang rajin jalan kaki ini tidak cepat pikun. Pasalnya saat jalan kaki ukuran hippocampus bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat akan menjadi lebih besar dan rileks.

Pantas saja, orang tua dulu enggak cepat pikun yak arena rajin jalan kaki. Mereka masih ingat secara detail kejadian, peristiwa sejarah yang mereka alami saat itu. lah saya kadang malah jadi pelupa, misal naro kunci beberapa menit lalu terus resah menduga kunci hilang, ahelah.

Membuat perasaan lebih baik

Pantas saja, ketika sedang rungsing, gundah, sedih, letih, cemas, beban numpuk dengan berjalan kaki bisa sedikit mengobati. Ini sih pengalaman saja, beberapa tahun terakhir sampai saat ini, kalau Susana hati sedang tidak baik saya memilih untuk berjalan kaki, minimal keliling taman, kota, sambil melihat indahnya pohon-pohon yang menjulang tinggi dan rindang.

Nah bagi anda yang sedang tidak baik-baik saja, stress karena kerjaan numpuk bisa nih coba jalan kaki sebelum kerja. Kalau aku sih dulu dari indekos ke tempat kerja naik angkot. Nah saya enggak berenti di lokasi kerja tapi memilih beberapa meter sebelum tempat kerja saya sudah turun dan lanjut jalan kaki. Wkwkwk (rule : minimal 30 menit per hari).

Sebetulnya masih banyak manfaatnya selain di atas, yakni bisa memperbaiki postur tubuh, meningkatkan energy, mengurangi gejala varises, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko demensia, hingga menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Semoga tulisan singkat ini bisa bermafaat, terlebih kita yang sedang membutuhkan informasi sederhana ini. senang sekali bisa berbagi informasi dan pengetahuan, semoga kita semua diberi kesehatan dan kebahagiaan.

You Might Also Like

1 komentar

Blog Archive