New Normal, Adaptasi Kebiasaan dengan Aturan Baru

May 28, 2020

Ilustrasi/sifathlist

(opini)
Halo semua, semoga baik-baik saja di mana pun kalian berada. Hehe

Pekan ini sepertinya pembahasan di lingkungan kita bukan soal koro-koro (corona) doang ya? ada istilah baru yang muncul dan ramai dibahas di berbagai media. New Normal.

New Normal sebuah istilah yang akan digunakan untuk memulai kebiasaan baru. Dampak dari COVID-19 yang katanya tidak akan hilang dalam beberapa tahun ke depan, sehingga semua manusia yang terdampak ini harus (eh diksi yang pas selain harus apa ya?) beradaptasi dengan kondisi saat ini.

Tapi sebenarnya new normal (normal baru) atau memulai kebiasaan baru ini tidak terlalu berbeda dengan sebelumnya sih. Aktivitas, rutinitas, apapun itu akan berjalan seperti biasanya. Hanya saja, kita lebih memperhatikan dan aware dengan kesehatan diri dan orang sekitar. Tentunya dengan aturan baru yang disesuaikan dengan kondisi pandemi dalam pemulihan.

Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) lebih ditingkatkan, yang biasanya ke mana-mana enggak pakai masker sekarang pakai, makan sembarangan apalagi tanpa cuci tangan jadi mau cuci tangan, etika bersin dan batuk diterapkan, gitu dah banyak lagi.

Saya mikirnya sih dengan adanya new normal artinya kita lebih peduli aja sama yang namanya kesehatan diri dan orang lain. ya walaupun sampai saat ini masih banyak yang ‘kagok’ karena tidak biasa, enggak masalah yang penting mau dan tidak cuek alias acuh tak acuh gitu. Karena kalau kita cuek, ya bukan cuma kita yang sakit tapi juga orang sekitar juga ikut kena.

Semua pasti berharap koro-koro ini cepat berlalu. Berita baiknya beberapa negara sudah pulih dan tidak ada penemuan kasus baru sehingga sudah mulai ada aktivitas. Kita semua berdoa semoga Indonesia dan beberapa negara yang trend positifnya masih tinggi semoga kurvanya segera landai.

Kuy lah, kali ini enggak usah banyak protes regulasi atau imbauan soal kesehatan. Ikuti, terapkan, dan dishare. Itu baik kok. Janganlah ada yang ngeyel atau nyinyir kalau diingatkan soal kesehatan. Yuk sama-sama, bergerak untuk Kita dengan memulai kebiasaan baru khususnya dalam menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

Biar apa? Biar aktivitas berjalan lancar, rencana traveling terrealisasikan. Pasti sekarang kamu juga rindu pengen kopdar bareng doi atau teman, bukan? iya sama. Saya punya beberapa list rencana yang harus saya kejar tahun ini. Apalagi soal pekerjaan yang entahlah sedang terombang-ambing, keuangan ya gitulah wkwkwk. Alhamdulillah masih bisa makan.

Plis jangan cuek, yuk sama-sama jalani pola hidup sehat dan bersih. Oh ya, jangan lupa juga sekalian aja membiasakan diri dalam gerakan mengurangi plastik sekali pakai. Bawa tumbler atau botol minum sendiri ke mana-mana dan lainnya.

Oh ya perlu diingat juga sih, new normal ini bukan soal adaptasi kesehatan saja, tapi juga dalam sektor perekonomian, pariwisata, pendidikan, industri, dan lainnya. Pokoknya semua berdampak dan akan ada protokol kesehatan di setiap entitas kegiatan masyarakat.

Sehingga besok besok kita harus mengimplementasikan sebuah kebiasaan baru pola hidup baru dengan tujuan memutus rantai penularan COVID-19 ini, memulihkan perekonomian, industri dan lainnya di sebuah wilayah.

Sedihnya sih soal physical distancing ini, kita harus tetap jaga jarak dengan orang-orang. Sekalian dah jaga hati biar gak cepat baper sama jaga pandangan biar selamat. eits jangan lupa bekal untuk akhiratnya juga dipersiapkan. balance.

New normal ini keknya mirip-mirip pembatasan sosial berskala besar (PSBB) atau emang masih satu grup? entahlah. Karena tempat keramaian akan terus dipantau, keluar masuk dari ke wilayah pun masih akan diperketat, jaga jarak tentunya, cek suhu, masker, pakai hand sanitizer, cuci tangan pakai sabun dan lainnya masih akan tetap diterapkan.

Ya intinya saya harap dunia ini segera pulih, biar jadi makhluk sosial secara face to face lagi. Karena ada bosannya juga sih kalau terus menerus ngobrol digital, wisata virtual, ternyata teknologi tak selamanya bisa bikin happy. huhuhu

You Might Also Like

0 komentar

Blog Archive