Coba-coba Belajar Gambar Selama #dirumahaja Malah Jadi Hobi Baru

May 15, 2020

Sketsa wajah/sifathlist

Halo wankawan, sehat? Gimana seru enggak selama di rumah aja atau udah mulai bosan? Iya sama saya pun bosan. 

Tapi selama dua bulan ini aku benar-benar di rumah aja, enggak keluyuran pakai transportasi, kalau jalan kaki masih dilakukan. Misal ke warung, rumah kakak, atau cari spot foto ke sawah belakang rumah.

Bagi yang terbiasa beraktivitas di luar rumah pastinya momen di rumah aja akan terasa berat apalagi bikin keuangan pribadi atau keluarga jadi defisit, kesal. Tapi ini demi kebaikan bersama, jadi sabar dan sambil berdoa semoga pandemic virus corona (COVID-19) ini segera usai.

Selama di rumah aja, saya benar-benar mencari kegiatan harian yang cocok. Misal saya sudah mencoba merawat dan menanam tumbuhan, DIY (do it yourself) macam-macam, guru privat dadakan untuk para keponakan, belajar masak, dan yang hendak saya ceritakan di tulisan ini adalah soal menggambar.

Dulu zaman SD saya memang ada ketertarikan di seni melukis hanya tidak ditekuni. Kemudian tibalah, di mana semua orang harus melakukan karantina diri dari sekolah dari rumah, kerja dari rumah pokoknya serba di rumah. Karena saya freelancer jadi yang sebelum dirumahkan emang sudah berkegiatan di rumah jadi enggak terlalu kaget lah dengan keseharian berpekan-pekan di dalam rumah.

Mau enggak mau saya harus membimbing keponakan karena belajar via daring. Mulai dari ngecek tugas pagi dan siang. Keponakan saya ini baru masuk TK dan tahu sendiri pasti lebih banyak yang namanya menggambar dan mewarnai. Akhirnya ya harus belajar lagi soal menggambar.

Hampir setiap hari saya menggambar macam-macam dari hewan, taman, buah, boneka, transportasi, dll untuk keponakan saya. Seharusnya sih di print aja cuma karena malas ke luar rumah untuk ngeprint jadi ya digambar manual.

Dari situ, saya berpekan-pekan belajar menggambar. Entah kenapa, tetiba jiwa seni saya muncul lagi wkwkwkwk pake jiwa segala. Pokoknya ada ketertarikan untuk belajar, belajar, dan belajar menggambar. Saya pun iseng-iseng buka youtube dan media sosial soal art eh taunya keterusan sampai kuota bulanan habis Cuma buat nonton orang melukis.

Kemudian karena udah sering lihat, saya cobalah menggambar yang agak menantang yakni membuat sketsa wajah. Tahap awal sekedar dua dimensi gambar wajah anime, lalu belajar yang tiga dimensi dengan arsiran halus.

Hasil sketsa masih aneh/sifathlist

Dan jeng-jeng, lumayan hasil belajar dua bulan saya agak bisa menggambar sketsa wajah orang. Saya lihat gambar dari foto dan dituangkan melalui arsiran pensil runcing. Hasilnya? Ya lumayan untuk seorang pemula mah, kalau pun mirip mirip dengan aslinya itu saya sebut hoki karena emang beberapa kali di coba hanya satu yang mirip hahahaha. Enggak masalah, untuk menyempurnakan butuh proses dan kerja keras.

Saya usahakan untuk menggambar satu wajah per hari. hingga saat ini ya gitu-gitu aja hasilnya karena kan masih baru. Kalau dilihat dari pengalaman para ahli sih, mereka butuh waktu yang cukup lama bisa tiga sampai 5 tahun (tergantung orangnya). Jadi sabar saja, besok pasti akan ada hari di mana hasil gambar sempurna.

//kalau mau lihat hasil karya dadakan lainnya, bisa kepoin di akun instagram sifathlist// 🤣😁

You Might Also Like

0 komentar

Blog Archive