6 Etika Mengirim Pesan WhatsApp Kepada Dosen dan Guru

September 22, 2020

 


Selama pandemi semua orang lebih sering berkomunikasi secara virtual dibanding face to face, termasuk mahasiswa dengan dosen dan siswa dengan guru. Hakikatnya digital ini memudahkan proses belajar mengajar namun terkadang sulit menerapkan etika dalam berkomunikasi. 

Sebetulnya etika dalam bentuk digital maupun langsung tidak ada bedanya. Sekedar untuk mengingatkan, berikut 6 etika dalam mengirim pesat WhatsApp kepada dosen dan guru, agar tidak terjadi salah paham.


1. Salam dan sapa

Salam ini sebagai pembuka untuk memulai percakapan baik langsung maupun virtual. Ini harus banget agar percakapan nyaman.

Setelah salam, tanyakan kabar terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi lawan bicara. Jika dosen atau guru sedang kurang sehat maka bisa langsung mengurungkan niat tujuan utama dan dibahas lain waktu.


2. Cantumkan identitas diri

Tidak semua dosen menyimpan kontak mahasiswanya. Lebih baik perkenalkan diri terlebih dahulu. Siapa, angkatan berapa, baru menyampaikan tujuan mengirim pesan.


3. To the point

Jangan terlalu banyak basa-basi, langsung sampaikan tujuannya. Misal akan perbaikan nilai atau menanyakan kelanjutan bimbingan skripsi.

Sampaikan secara detail agar dosen atau guru bisa langsung memahami dan langsung dibalas.


4. Bahasa yang baik dan benar

Bahasa ini sangat penting. Bedakan percakapan kepada teman dan dosen. Walaupun sudah akrab seperti teman, sebisa mungkin untuk tetap menggunakan bahasa yang baik dan benar. Karena saat itu posisi kamu sebagai mahasiswa dan beliau dosen.

Hindari singkatan yang terlalu banyak agar tidak salah memahami dan jangan pakai tulisan alay. 


5. Waktu yang tepat

Sebagai mahasiswa atau siswa harus tau waktu. Jangan sampai mengirim mewhatsapp tengah malam atau subuh. Pilih jam kerja, ini waktu paling baik agar pesan tersebut bisa cepat dibaca dan mendapat jawaban.


6. Jangan lupa diakhiri ucapan terima kasih

Saat semua jawaban sudah didapat, tutup percakapan dengan ucapan terima kasih. Ini etika yang wajib dilakukan oleh semua orang kapan dan di mana pun.

Ucapan ini sebagai tanda kalau kamu sudah terbantu dan menghargai jawaban dari dosen tersebut.

Agar tidak terjadi salah paham hanya gara-gara pesan singkat, terapkan etika ini. Karena etika sangat penting bagi siapa pun entah itu anak, orang tua, siswa, mahasiswa, ustadz, dan semuanya. Etika pun bisa menciptakan kenyaman juga sebagai saling menghargai atau menghormati.


You Might Also Like

0 komentar

Blog Archive