6 Tips Self Healing, Agar Bisa Memaafkan Diri dan Atasi Luka Batin

September 29, 2020

 

(Foto: Me time/sifathlist)

Menyimpan luka batin sangat menggangu dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pikiran dipenuhi hal negatif yang berakibat menyalahkan diri sendiri dan orang lain.

Tiap orang memiliki lukanya sendiri, begitupun dengan cara mengatasinya. Tidak semua tahan dengan keadaan psikologis seperti ini, maka 6 tips ini bisa jadi referensi sebagai self healing agar bisa memaafkan dan mengatasi luka batin.

1. Me time

Sesibuk apapun kamu mengejar karir atau menafkahi diri dan keluarga, luangkan waktu untuk ketenangan. Me time ini sangat penting dalam proses healing karena bisa mengobati perasaan gundah. 

Atur jadwal untuk diri sendiri, lakukan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia dan terhibur. Seperti jalan-jalan, pergi ke pantai atau gunung, memasak makanan favorit, berkebun, membaca novel, belanja, dan lainnya. 

Di waktu itu, jangan beri celah untuk memikirkan pekerjaan atau masalah. Fokus saja memikirkan diri sendiri dan bahagia.

2. Mindfullness

Mindfullness ini waktu yang tepat untuk mengenal diri soal pikiran, perasaan, emosi, keinginan dan lainnya. Apa yang sedang dirasakan saat itu juga diungkapkan untuk mendapat sebuah solusi.

Renungkan dan evaluasi diri, apakah perasaan ini tepat atau mengganggu? Di situlah akan ada jawaban yang selama ini tidak muncul di permukaan pikiran. 

3. Berdialog dengan diri sendiri

Biasanya ketika sedang pusing dan emosi, curhat kepada teman adalah solusinya. Namun ada hal yang sering terlupakan yakni berdialog dengan diri sendiri. Entah untuk menanyakan hal penting atau untuk negoisasi untuk sebuah keputusan.

Jangan sungkan, ungkapkan semua beban yang sedang dipikul. Berdialog salah satu cara untuk berdamai dengan diri sendiri. Tidak harus secara verbal, justru berkomunikasi antara hati dan pikiran ini juga seru dan menghasilkan solusi.

4. Bersama dengan orang yang sefrekuensi

Ketika sedang bingung, emosional, dendam cobalah kelilingi diri ini dengan orang-orang yang sefrekuensi. Sehingga mereka tidak menambahkan beban karena beda pendapat yang menurutmu krusial.

Ini healing yang bagus dan harus dilakukan. Karena luka batin ini justru datang dari orang-orang yang bertolak belakang dengan pikiran kita. Walaupu tidak semua, bersama dengan orang yang sefrekuensi yang sangat menyenangkan sehingga baik untuk tubuh dan psikologis manusia.

5. Memahami keadaan

Jangan memaksakan untuk berjuang melewati batas kemampuan karena itu akan menyakitkan diri sendiri. Penuhi apa yang kamu butuhkan lalu realisasikan keinginan.

Sering sekali bukan? Kita tidak paham dengan keadaan diri sehingga terjebak dalam keadaan yang kurang menyenangkan. Jadi, pahami diri sendiri agar tidak medatangkan luka batin di kemudian hari.

6. Bantuan profesional

Jika semua tips tidak manjur, maka minta bantuan profesional. Tidak perlu malu mengunjungi seorang psikolog. Konsultasikan semua keluhan yang sedang terjadi.

Healing ini bisa dilakukan bagi semua orang. Hanya butuh waktu dan keyakinan untuk percaya dan memaafkan kepada diri sendiri dan orang lain. Lakukan beberapa tips tersebut jika luka batin masa lalu mulai bermunculan di saat yang kurang tepat.


You Might Also Like

0 komentar

Blog Archive