7 Kegiatan Mengisi Waktu Begadang Bagi yang Sulit Tidur

September 21, 2020

(Foto: google.com)


"Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya" begitulah lirik lagu Begadang yang dipopulerkan oleh raja dangdut Rhoma Irama. 

Begadang memang tidak dianjurkan, karena dinilai kurang baik untuk kesehatan tubuh. Namun hal ini tidak bisa dihindari bagi orang yang mengalami insomnia.

Maka jika tidak ada salahnya untuk mengisi waktu begadang tersebut dengan hal-hal yang bermanfaat. Berikut 7 kegiatan yang bisa dilakukan sulit tidur di malam hari.

1. Mengasah hobi

Tiap orang memiliki kesenangan masing-masing entah itu hobi yang sesungguhnya atau sekedar ikut-ikutan. Lakukan hal positif yang kamu sukai saat begadang. Misal suka menyanyi, menyanyilah namun ditegur tetangga adalah risiko yang harus dihadapi. Atau sekedar mengecek barang-barang antik yang kamu miliki.

2. Menonton film

Sering kali ketika tidak bisa tidur, menonton adalah kunci. Hal ini bisa untuk menghilangkan rasa bosan dan kebingungan. Pilih film yang bisa memotivasi agar lebih semangat menjalani hari-hari entah itu drakor, Hollywood, kartun, anime, atau sinetron.

3. Membaca buku

Bagi pecinta buku, membaca adalah hal yang menyenangkan dari apapun. Tamatkan novel atau buku sejarah yang sedang dibaca. Begadang kali ini akan sangat bermanfaat karena mendatangkan ilmu pengetahuan.

4. Merenung

Jangan sungkan untuk merenungkan hari-hari yang sudah berlalu. Merenung untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin itu baik. Introspeksi agar esok, hari berpihak kepada kita.

5. Menyusun rencana untuk kegiatan esok

Daripada bengong atau sekedar skrol media sosial, merencanakan untuk hari esok lebih baik. Dengan rencana akan lebih mudah untuk menghadapi hari esok.

6. Menyelesaikan tugas

Selesaikan tugasmu saat itu juga. Pekerjaan kantor yang sempat tertunda atau tugas dari dosen yang belum dikerjakan. Begadang yang bermanfaat bukan?

7. Curhat

Mencurahkan hati dan pikiran pada malam hari tidak begitu buruk untuk dilakukan. Ceritakan kegelisahan yang sedang terjadi kepada orang yang tepat baik itu teman atau saudara. Selain bisa menangkan hati juga bisa mendatangkan banyak solusi dari sang pendengar.


Walaupun banyak hal bermanfaat namun begadang tidak dianjurkan. Lakukan 7 kegiata tersebut saat sulit tidur saja. Karena malam adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh dari rutinitas.


You Might Also Like

0 komentar

Blog Archive