5 Tips Ini Bisa Diterapkan Untuk Memperingati Hari Batik Nasional

October 04, 2020

 

(Foto: outer batik/sifathlist)

Indonesia punya banyak warisan budaya yang patut dijaga dan dilestarikan, salah satunya batik. Pada 2 Oktober 2009, batik diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Sejak itu pula, ditetapkan sebagai hari batik nasional.

Pada saat hari batik, biasanya rakyat Indonesia diimbau untuk mengenakan pakaian batik selama beraktivitas. Itu sebagai bentuk rasa bangga dan cinta terhadap warisan budaya yang kita miliki. 

Selama pandemi, ada banyak cara dalam memperingati hari batik nasional. Yuk ikuti 5 tips ini biar makin bangga dan cinta produk tanah air.


1. Pakai batik untuk atasan atau bawahan untuk dresscode ke tempat kerja
Pastinya sebagai warga negara yang cinta batik, di lemari punya satu atau beberapa baju dengan motif batik. Pilih dan kenakan untuk memperingati hari batik nasional.

Bisa dipadupadankan dengan asesoris lainnya agar batikmu makin kece saat dikenakan di kantor. Selain rasa bangga, harimu akan menjadi lebih berwarna.

2. Masker batik
Selama pandemi, seluruh masyarakat dianjurkan utnuk mengenakan masker di mana pun. Banyak sekali jenis dan motif masker kain yang dipasarkan salah satunya batik.

Kali ini gunakan masker kain batik, motif lain simpan dulu untuk hari esok atau lusa. Ini sebagai bentuk rasa cinta atas warisan budaya yang dimiliki kita. Biar makin nasionalis, bukan?

3. Tas Batik
Jangan sungkan untuk menggunakan tas batik. Bermerek atau tidak, pakai tas tersebut saat peringatan hari batik.

Bagi yang tidak punya jangan khawatir, tas bisa dibuat sendiri menggunakan kain batik yang ada. Cari dan buat pola simple, lalu jahit sendiri dan kenakan untuk aktivitas sehari-hari.

4. Membuat batik 
Ajak anak, teman, saudara untuk membuat batik. Bisa dengan cara melukis di buku gambar atau juga membatik di kain menggunakan canting.
Sisipkan kegiatan ini selama belajar jarak jauh. 

Membatik memiliki banyak manfaat bagi siswa salah satunya untuk mengenal. Karena mereka merupakan aset sebagai generasi penerus untuk melestarikan warisan budaya Indonesia.

5. Mengenal aneka batik di Nusantara
Indonesia kaya akan warisan budaya. Untuk batik saja, banyak sekali jenisnya dan memiliki sejarah juga makna dari masing-masing wilayah.

Nah  kalau hari biasanya malas untuk mempelajari batik, saat peringatan hari batik lah, waktu yang tepat untuk mengenal. Ini adalah momen untuk menambah wawasan tentang batik Indonesia.

Sebetulnya untuk menggunakan kain batik tidak harus pada hari peringatan saja, setiap hari pun bisa. Jadi tidak perlu menunggu momentum hari batik ya.

You Might Also Like

0 komentar

Blog Archive