Rindu Makan Bareng di Kantor? 6 Hal ini Harus Kamu Lakukan Bersama Rekan Kerja

October 14, 2020

 

(Foto: menu sarapan/sifathlist)

Para pekerja pasti merasakan rindu kebersamaan dengan rekan kerja di kantor. Apalagi saat makan siang bersama. Pandemi ini membuat aktivitas di kantor dibatas, sehingga hadirnya rasa rindu kondisi normal seperti sebelumnya.

Nah bagi kalian yang ingin makan bersama tim kerja, bisa direalisasikan lho. Tapi tetap syarat dan ketentuan protokol kesehatan tetap berlaku agar semua aman dan tidak adanya penambahan klaster baru. Berikut 5 hal yang harus dilakukan saat makan siang bersama rekan kerja di kantor.


1. Bawa bekal dan alat makan sendiri

Paling aman adalah membawa bekal dari rumah. Makanan dan minuman yang dibawa sudah dipasti sehat dan aman. Selain itu juga bisa menghemat keuangan selama pandemi.

Peralatan makan seperti sendok, garpu, tempat minum dan lainnya pun harus bawa sendiri. Ini sebagai upaya agar kita tidak menularkan atau tertular Covid-19 saat makan di kantor. 


2. Makan bersama teman dengan skala kelompok kecil

Agar tidak melanggar protokol kesehatan, sebaiknya makan bersama rekan kerja di kelompok kecil. Jangan paksakan makan siang bersama full tim, apalagi anggota yang lebih dari 10 orang.

Pasalnya, pegawai harus disiplin menerapkan aturan jaga jarak dengan pegawai lainnya. Tidak perlu ada rasa tidak enak karena tidak bisa ajak makan bersama, pastinya semua sudah paham saat situasi seperti ini.


3. Take away makanan lalu cari tempat aman dan nyaman

Kalau tidak sempat membawa bekal dari rumah, sebisa mungkin untuk take away dari kantin atau restoran terdekat. Sementara hindari dine-in di tempat makan.

Namun tetap sebagai harus memperhatikan restoran tersebut, sudah menerapkan protokol kesehatan atau tidak. Setelah itu cari tempat yang aman dan nyaman untuk makan siang di kantor. 


4. Tidak berbagi makanan

Walaupun kita memiliki budaya atau tradisi saling berbagi makanan, selama pandemi hindari terlebih dahulu. Ini sebagai upaya untuk menekan angka Covid-19 di lingkungan kantor.

Kalau mau berbagi, lebih baik bawa lebih dari 1 porsi makanan yakni untuk dikonsumsi pribadi dan rekan kerja. Sehingga akan lebih aman dan rasa kekeluargaannya tetap erat.


5. Cuci tangan dan bersihkan meja

Tidak lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum dan sesudah makan menggunakan air yang mengalir dan sabun. Pastikan meja bersih dan sudah disanitasi terlebih dahulu.

Atur juga tempat duduk, hindari posisi berhadapan. Karena droplet atau percikan air liur saat bicara, batuk, bersin bisa saja terhempas ke orang di depan atau menempel di makanan. Lebih baik duduk menyilang.

Durasi bersama di tempat makan pun diatur, tidak terlalu lama. Selesai makan, cuci tangan lalu pakai masker kembali. Disiplin dalam penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu upaya menormalkan keadaan seperti sebelumnya.


You Might Also Like

0 komentar

Blog Archive